12 Februari 2009

Install xampp

Sebelum memulai menginstal drupal, terlebih dahulu kita harus mengisntal php mysql. Ada beberapa orang menggunakan php triad, ada yang menggunakan mamp, wamp, xampp dan lain-lain. Dalam contoh ini menggunakan xampp. Untuk mendapatkan xampp silakan download secara gratis di http://www.apachefriends.org/en/xampp.html jika malas menuliskannya anda bisa mengunjungi google terus masukkan kata kunci “xampp”. Penginstalannya sangat mudah, tinggal diklik dua kali, maka xampp ini akan mengekstrak ke drive yang telah Anda tentukan. Dengan begitu brarti Anda telah menginstal php mysql.

Untuk mengaktifkan klik dua kali (double click) pada icon.

Letaknya ada di folder apachefriends. Jika versi yang lama letaknya di folder xampp. Jika anda tidak ingin bolak balik ke folder ketika hendak mengaktifkan, sebaiknya Anda tempatkan icon ini di desktop. Langkahnya klik kanan icon tersebut -- Send To -- Desktop (create shortcut).

Setelah itu buka web browser dan ketikkan localhost.

maka akan muncul gambar seperti di bawah ini: 

Sebaiknya dikomputer Anda terinstal web browser : internet explorer, opera, dan mozilla firefox. Hal ini untuk melihat design web kita apakah compatible dengan ketiga web browser tersebut. Ada kejadian ketika dibuka dengan opera dan mozilla firefox tidak ada masalah dengan design tatapi ketika dibuka dengan internet explorer design nya jadi berantakan dan sebaliknya. 

Untuk mengakhirinya click icon



revisi/tambahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

comentarr